26.2.13

martabak manis

jadi ceritanya.... pas sore2 tiba2 aja aku ngerasa lapar banget *harap dimaklumi ya, kn ibu menyusui ;p*, trus sempat kepikiran mau bikin kue sus / butter cake, tapi lagi malas berhubungan sama oven, trus entah kenapa tiba2 aja malah keingat sama martabak manis, langsung dech aku bergerilya resep di milis NCC (aku ga tahu ini awalnya resep dari siapa, izin copas ya), pas lihat bahan2nya ada semua, yuks... mari eksekusi di dapur...

bahan A :
  • 125 gr tepung terigu, ayak (aku pake segitiga biru)
  • 25 gr gula pasir
  • 1/4sdt baking powder
  • 175 ml air
  • 1/2sdt ragi instant
bahan B :
  • 2 butir telur
  • 1/8sdt soda kue
  • 25 gr gula pasir
bahan tambahan :
  • gula pasir untuk tabur di atas martabak
  • margarine untuk oles
  • susu kental manis, keju, coklat meises (sesuai selera) untuk topping

cara membuat:
  1. kocok bahan A (kecuali ragi) sampai lembut, masukkan ragi, aduk rata, diamkan selama 1 - 2 jam
  2. kocok lepas bahan B, lalu masukkan ke adonan A, aduk rata
  3. panaskan loyang martabak (aku pake teflon aja), tuang adonan, ratakan pinggirnya, biarkan adonan mengeluarkan buih, membentuk rongga, taburi gula pasir, tutup loyang, biarkan matang
  4. angkat martabak, pindahkan ke tempat datar (talenan), olesi dengan margarine, beri coklat meises, keju & susu kental manis, belah 2 sama rata, tutup dengan bagian yg lain
  5. atasnya beri lagi sedikit olesan margarine
  6. siap di santap 

silahkan di coba, eunak dech :)

10 komentar:

  1. percaya kok kalo enak hehehe. masih ada sisanya gak dikirimin ke bekasi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah..udah pasti langsung ludes tak bersisa mbak, hehe

      Hapus
  2. Ternyata gak terlalu susah jg ya....aiih senang deh dpt resep cemilan favorit, thank u :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak asty :)
      met praktek ya :D

      Hapus
  3. humm, pasti enak :)

    salam kenal bun ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak vanisa :)
      coba bikin jg yuksss

      Hapus
  4. yaampun kereeen bgt!! bikin kue bandung sdri..!!! klo aku udah ngibrit ke tukang kue bandung & martabak deket rumah :)) *emang emak pemalas ya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... rini juga lagi datang rajinnya mbak makanya bikin sendiri :D

      Hapus