12.2.13

1 bulan zera

setelah cerita melahirkan & arti nama, sekarang saatnya bahas perkembangan zera...

zera sempat di fototerapi / di sinar karena kuning di hari ke 5 (31 des 2012), krn bilirubinnya tinggi sampai 21, jadi di saat orang2 heboh dengan terompetnya, aku pun sibuk dengan pompa ASI & bolak balik rs buat antar ASIP. alhamdulillah sehari kemudian (1 jan 2013) bilirubinnya langsung terjun bebas ke angka 14, tapi besoknya cuma turun dikit jadi 12,8 akhirnya zera ditambahin lagi disinarnya sampai jam 4 sore & langsung boleh pulang. tali pusarnya puput di hari ke-7 jam 9an (pas zera masih di nicu, aku dikasih tahu sama suster), setelah tali pusarnya lepas, pusarnya sendiri sempat ngeluarin bercak2 darah selama beberapa hari, bikin aku takut kenapa2,sambil bolak balik baca artikel/ diskusi forum tali pusar yg puput (krn dulu waktu zia ga berdarah) sampai2 mas mau ngajakin aku ke dsa aja *bingung jg kali ya mas ngelihat aku segitu paniknya, hehe*.

di hari ke-12 (7 jan 2013) jadwalnya kontrol & bilirubinnya naik lagi jadi 14, aku shock & takutttt banget kalo zera harus di rawat lagi, mana mas lagi ada di bangka. aku sebelumnya udah curiga kalo pelekatan mimiknya masih salah karena walaupun udah mimik, tapi aku ngerasa ga habis, tetap penuh & akhirnya aku pompa, dapatnya masih banyak banget. aku pun cerita itu ke dokternya & di lihat lah gimana cara mimiknya di depan dokter & ternyata memang butuh belajar lagi. alhamdulillah krn dokternya tahu kalo ASI ku termasuk banyak (pas pulang dari rs pun, asip yg aku kasih masih berlebih & kita bawa pulang lagi) cuma menyarankan zera buat banyak mimik & di jemur aja sambil lihat perkembangan beberapa hari lagi, masalahnya adalah..... ga ada matahari yg bersinar di pagi hari :(, jadi aku benar2 ngandelin mimiknya aja, mana zera tiduuurrrr melulu, sampai2 kalo basah & di ganti pun dia ga bangun, gimana mau mimik, jadi aku paksain buat kasih ASIP setiap 45 menit sekali walaupun dia minumnya dikit2 banget. tgl 9 januari 2013, kita cek lab lagi & bilirubinnya turun ke 12,8 karena waktu terakhir kontrol dokter bilang yg penting turun, kita ga bawa zera ketemu dokternya.

tgl 18 jan 2013, kita masih ngerasa kalo mukanya masih kuning & zeranya menurut kita kayak lemas, sering tidur, akhirnya kita bawa ke dokter & berakhir di lab lagi, alhamdulillah billirubinnya turun jadi 11, 9, masih agak tinggi walaupun udah di bawah batas maksimal,makanya masih kelihatan banget di mukanya, jadi tetap mesti di paksain banyak mimik :D

tgl 28 jan 2013, zera kontrol (imunisasi) ke dokter yg berbeda karena sekalian bawa zia ke dokter tht yg jadwalnya cuma ada di sore hari. beratnya udah 4,6kg (naik 1,1kg dari berat lahir). dengan muka yg masih agak kuning, mau di cek lab lagi, tapi dokternya kasihan krn dengan umurnya yg baru sebulan, zera udah 6x ambil darah buat cek bilirubin :(. pas ngobrol2 dengan dokternya, akhirnya sekali lagi aku di suruh mimikin zera di depan dokternya & dokternya tanya sekali mompa berapa ml, trus pas tahu hasilnya dokter bilang belum tentu krn pelekatan yg belum tepat, krn asi ku termasuk banyak, mungkin sudah melebihi kebutuhannya, jadi belum habis pun dia udah kenyang, jadi aku tetap harus tetap mompa, di usahakan sebelum mimikin zera supaya pas zera mimik tetap kebagian yg belakang2nya dimana lemak, protein, dsbnya berkumpul :D. dokter pun cek hasil lab yg enzim, dll (pernah cek ini sebelumnya), alhamdulillah semua normal, jadi kesimpulannya semua ini krn breastmilk jaundice, sambil kita lihat 2 minggu lagi untuk perkembangan selanjutnya.

hari ini (12 feb 2013), 2 minggu sesudah kontrol terakhir, umur zera 1 bulan 17 hari, alhamdulillah kuningnya udah hilang & zera sehat :). beratnya sekarang 5,14 kg *pantasan berasa berat gendongnya nak*. zera juga udah mulai nyari2 kalo kk zia heboh, bengong2 kalo di ajak ngobrol, mulai naik2in kepala kalo di suruh sendawa, masih tetap lama banget kl mau sendawa, senang banget mandi, udah mulai berkurang jadwal tidurnya, pipinya sampai tumpah saking tembemnya, haha, senangnya di gendong dengan posisi mau sendawa, udah pernah di ajak jalan2 *yeeeaaayyyy...ini mah emaknya yg senang bgt*, udah mulai bisa mimiknya tapi tetap masih pake asip juga.

semoga sehat selalu ya nak...
ayah, bunda, kk zia sayang zera....

12 komentar:

  1. kebayang ya harus bolak balik ke Rumah sakit. aku juga gitu waktu Alvin harus disinar. pagi-sore aku dirumah sakit malam dirumah tapi suami tetap antar ASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak, sedih ya ngalamin itu tapi harus tetap semangat :)

      Hapus
  2. yang penting sekarang sudah sehat ya Zera...

    kalo dulu, Dija malah sebulan di rumah sakit loh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak...
      walau sebulan di rs tapi sekarang dija kan udah besar & sehat ya mbak :)

      Hapus
  3. Kebayang juga nih aku, anakku jg di sinar dulu. Stress ga bs mkn, asi jd ga kluar..

    Sehat selalu yah ade Zera :)

    BalasHapus
  4. gemesnya si kecil, pingin cubit, pingin cium-cium sambil meluk erat2.............muach2.............hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, jgn dicubit donk tante, mmuach2

      Hapus
  5. wah, sama juga sama anak pertamaku, di sinar selama seminggu dan bolak-balik ke rs. Alhamdulilah dia tumbuh sehat...btw pipi zera itu menggoda iman banget...pengen nowel

    BalasHapus
    Balasan
    1. nowelnya dikit aja ya tante :D

      Hapus
  6. Golongan darah kalian sama apa beda Nett ? Zulfa juga sempet tinggi bilirubinnya tapi ga di sinar. Gara2 gw O , Zulfa A. Sehat terus yah Zera cayank. Muaahh muaahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih tante icha, mmuach2...

      golongan darah gw sama kok, cuma ga tahu knp bisa tinggi banget gitu :(

      Hapus