27.2.10

kangen

wuuaa...kangen mmas...
cptan plngnya donk
mm...gini nich kl bareng2 melulu, pergi berapa hr aj jd berasa bgt
pdhl biasanya ktm jrg2 jg gpp ;p
mesti bersabar nich

26.2.10

dapat doa

hr ini aku k rmh sepupu, yg lg ngadain pengajian untuk acara akad nikah
trus pas sblm acara mulai, kn d hidupin musik padang gt, ehhh....baby Z ikut goyang sesuai irama musik, hahaha, ada2 aj nich anak bunda, lucu bgt

pas acara pengajian di mulai, giliran baca asmaul husna, baby Z diem aj, mngkn krn emng dah srg kita dgrin y, jd baby Z anteng bgt, serius dengerin jg crtnya, begitupun pas d bacain suraty ar-rahman, pas shalawatan br dech baby Z aktif lg...
tiba2 aj aku mikir, kl hr ini kn ps 28w baby Z, alhamdulillah aku dtg k pengajian, jd bs dgr2 shalawat, ceramah, dll, trnyt...pas ustadzahnya mau pamit pulang, beliau tny k aku, lg hamil y? y (aku blng gt), brp bln? 6 bln bu, d tny jg nama aku + binti siapanya, trus ustadzahnya langsung bacain doa2 gt k perutku, lumayan panjang, pk bhs arab & artiny jg, aku mengaminin setiap bacaan doanya, aku smp mau nangis, ga nyangka kl bkl ada yg doain langsg untuk baby Z ky gt, & baby Z slm d doain jg diem aj, mdh2an krn mdengerin & ikut mengamini y nak..

alhamdulillah, dapat berkahnya krn dah dtg k acara pengajian, amiin

25.2.10

from paris with love

film terakhir yg kita tonton
mnrtku bgs y filmnya, ga di sangka2, seru...
termasuk film yg aku suka

bakmi gila

jd...ceritanya...waktu lg jln sore, tiba2 mas pgn mkn bakmi
trus aku blng, ada kok bakmi yg mas mau, baru buka di ruko belakang rumah
ok, kl emng gt kita mkn dsn aj, trnyt...smp sana...aku ga nemuin tmpt bakmi itu, pdhl aku yakin bgt dah pernah lht spanduknya dsn, cm ada bakmi baru buka dsn, namanya bakmi gila, kita sepakat dech untuk coba bakmi gila itu.

bakminya ternyata bikin sendiri, ga pk pengawet, pilihannya bnyk, nama bakminya jg lucu2
kita cb bakmi klimis ayam & bakmi krimis ayam (pokoknya mdl2 gt lha namanya)
eunak dech...rasanya emng beda, mienya kcl2 gt, agak kenyal, berasa bumbunya d mie itu
harganya 11rban, awal nglihat kita ngrasa porsinya kcl, tp ternyata kenyangnya awet bgt!!!!
yg ku rasain, biasanya mie itu cpt bikin laper lg, hehe, tp ini asli dech ga =D

aku sm mas rencananya pgn balik lg ksn, pgn ajak kel, pgn cobain menu2 lain jg
kita sng dech ada tmpt baru, enak & dkt rmh gini lg =D

22.2.10

27w 3d

kmrn jadwal kontrol k dr
paginya jln pagi dl sm hubby, pas pulang bikin janji k Rs trnyt dr.nana praktek lbh cpt hari ini, jd lah kita buru2 mandi & siap2 biar keburu, untung RS nya dkt, kl ga...mm...bkl ga bs cpt smp dech
smp RS aku lngsg daftar duluan, trus tes tensi & BB ku...tensi alhamdulillah normal, BB ku nambah 2kg dr bulan lalu (rekor nich, hihi), jd total dah tambah 6kg slm hamil ini.
ga perlu tunggu lama2, cm ada 1 org aj yg antri, itu pun dia jg sbntr, trus giliran kita dech...

dr.nana tny ada keluhan ga, aku blng sich ga ada, cm dah mulai ngerasa pegel2 aj, & kdg2 kl cpk kok aku ngrasa perut bagian kanan bawah nyut2an y dok? beliau bilang itu krn hamil pertama kali jd rahimnya meregang & babyny dah mulai cr jln klr =D
trus mas tny, soal usg 4d, kira2 prlu ga y? mnrt dr.nana sbnrnya dari usg 2d, kl ada kelainan jg dah ketauan kok, kl saya sich ga terlalu menyarankan, itu kn lbh ke kepuasan dari orang tua aj, dari usg 2d pun bisa kok lht wjh anaknya, trus kt hubby nich...y sich dok, tp kn kita pgn nanti pas dia udah gede, bs lht cd nya & bilang ky gn loch dl km d perut bunda, hehe, kita pgn cari dr yg cwe, ada rekomendasi ga dok? beliau blng bs k dr. sri, tmn saya, dia ahli fetomaternal (usg) satu2nya cwe yg ahli usg y dia, ada d RS. duren tiga hari selasa & sabtu, jamnya kurang tau, kl baiyany kira2 sekitar 700rban, ok dech nanti kita lht dl ksn, untuk tny2

saatnya nglihat baby Z....
awalnya baby diem aj, &...mlh ngeliatin mukanya, jelas bgt!!! *mentang2 dr blng usg 2d bisa lht muka, baby Z lngsg pamer dech, hihi*, trus d lihat lah leher, tl.belakang, di ukur lingkar kepala, perut, tl. paha, mm...alhamdulillah lilitan tali pusarnya udah kelepas, tp kepalanya sekarang mlh ada di atas alias sungsang!! pdhl bln lalu ga loch, pantas aj aku ngrasa ky keras & d sundul2 bagian atas.mngkn baby Z mau cr jln lahir tp mlh salah y, hehe, air ketuban jg d cek bnyk, tali plasentanya ada d belakang, cm kt dr.nana krn blm 30w, jd blm bs lht apakah menghalangi jln lahirnya / ga, mdh2an gpp yaa..trus aku jg smpt tny lg jenis kelaminnya, smps skrg sich msh sama, Insya Allah babyny perempuan.
berat baby Z jg naik drastis dari bln lalu, skrg udah 1054 gram =D

stlh usg, dr.nana blng ada yg mau d tny ga, aku sich cm tny ttg totok wajah blh/ ga*pertanyaan titipan nich* trus beliau blng ga ush dl dech ky gt2, kl mau pijit blh punggung, pundak, kaki, perutnya ga blh yaa...creambath blh, facial jg sbnrnya blh2 aj sich, cm hati2 sm cream yg d pakenya, jgn yg ada pemutih, cat rambut jg ga blh..jdwl kontrol jg masih sm sbulan skli, kec kl ada apa2 blh dtg kok, vitamin yg d kasih jg masih sama.

abis dari ruang dr, kita ke ruang informasi, tdnya mau minta lhtin fasilitas2nya, trnyt smua kmr lg penuh...jd ga bs dech, mdh2an bln dpn pas kontrol bs lht & tny2 lbh detail gmn2nya, termasuk tny k dr.nana coz beliau kn jrg praktek d depok, oya...d RS ini jg smua ruangan babynya room in, jd ga perlu khawatir dech.

baby Z sayang...kl mau cari jln lahir, slh nak, bkn ke atas tp ke bawah, pelan2 sambil main di puter y nak badannya, nanti bunda bantu jg dari luar, pasti bs, ky km lepasin tali pusarnya, kn baby Z pintar....trus tali pusarnya jgn di lilitin lg y sayang, trus baik2 di dlm ya nak...
we luv u...

19.2.10

anugerah dari Mu

"apabila seorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristigfarlah seluruh malaikat untuknya.
Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1000 kebaikan & menghapuskan darinya 1000 kejahatan."


Alhamdulillah atas semua anugerah & amanah Allah untukku...

18.2.10

F. A. N

yaaa....Insya Allah itu inisial nama anak kami...
setelah berkutat beberapa hr, kita dah putusin nama itu kl cwe
tp nanti panggilannya Z, *nah loch, bingung kn..knp jd ada Z nya, hihihi*
tunggu aja pas lahirannya, biar tau...
cm berhubung ada bbrp org, yg bilang setiap usg selalu cwe, trnyt yg lahir cwo jg, kita mesti tetap cr nama cwo jg nich
tp nanti dl, santai2 bentar, capek jg berkutat dgn nama terus tiap hari ;p

15.2.10

di balik kisah seorang papa

aku copas ini dari http://harleinz.multiply.com/journal/item/26/Dibalik_Kisah_Seorang_PAPA
setiap baca pasti aku nangis
ngerasa aj, kl papaku ky gini

DIBALIK KISAH SEORANG PAPA

Biasanya, bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa,
yang sedang bekerja diperantauan, yang ikut suaminya merantau
di luar kota atau luar negeri, yang sedang bersekolah atau kuliah jauh
dari kedua orang tuanya.....

Akan sering merasa kangen sekali dengan Mamanya.
Lalu bagaimana dengan Papa?

Mungkin karena Mama lebih sering menelepon untuk
menanyakan keadaanmu setiap hari,

tapi tahukah kamu,
jika ternyata Papa-lah yang mengingatkan Mama untuk
menelponmu?


Mungkin dulu sewaktu kamu kecil,
Mama-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng,

tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Papa bekerja dan dengan wajah
lelah Papa selalu menanyakan pada Mama tentang kabarmu dan apa
yang kau lakukan seharian?


Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil......

Papa biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda.

Dan setelah Papa mengganggapmu bisa,
Papa akan melepaskan roda bantu di sepedamu...

Kemudian Mama bilang :
"Jangan dulu Papa, jangan dilepas dulu roda bantunya" ,

Mama takut putri manisnya terjatuh lalu terluka....

Tapi sadarkah kamu?

Bahwa Papa dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu,
dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu
putri kecilnya PASTI BISA.


Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan
yang baru, Mama menatapmu iba.

Tetapi Papa akan mengatakan dengan tegas :
"Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang"

Tahukah kamu,
Papa melakukan itu karena Papa tidak ingin kamu menjadi anak
yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Saat kamu sakit pilek,
Papa yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak
dengan berkata :

"Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!".

Berbeda dengan Mama yang memperhatikan dan menasihatimu
dengan lembut.

Ketahuilah,
saat itu Papa benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.


Ketika kamu sudah beranjak remaja....

Kamu mulai menuntut pada Papa untuk dapat izin keluar malam,
dan Papa bersikap tegas dan mengatakan:
"Tidak boleh!".

Tahukah kamu,
bahwa Papa melakukan itu untuk menjagamu?

Karena bagi Papa,
kamu adalah sesuatu yang sangat - sangat luar biasa berharga..

Setelah itu kamu marah pada Papa,
dan masuk ke kamar sambil membanting pintu...
Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak
marah adalah Mama....

Tahukah kamu,
bahwa saat itu Papa memejamkan matanya dan menahan gejolak
dalam batinnya,

Bahwa Papa sangat ingin mengikuti keinginanmu,
Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu?


Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu,
atau bahkan datang ke rumah untuk menemuimu,
Papa akan memasang wajah paling cool sedunia.... :')

Papa sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol
berdua di ruang tamu..

Sadarkah kamu,
kalau hati Papa merasa cemburu?


Saat kamu mulai lebih dipercaya,
dan Papa melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah
untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.

Maka yang dilakukan Papa adalah duduk di ruang tamu,
dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir...

Dan setelah perasaan khawatir itu berlarut - larut...

Ketika melihat putri kecilnya pulang larut malam hati Papa akan
mengeras dan Papa memarahimu.. .

Sadarkah kamu,
bahwa ini karena hal yang di sangat ditakuti Papa akan segera datang?

"Bahwa putri kecilnya akan segera pergi meninggalkan Papa"


Setelah lulus SMA,

Papa akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Dokter
atau Insinyur.

Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan Papa itu semata - mata
hanya karena memikirkan masa depanmu nanti...

Tapi toh Papa tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu
tidak sesuai dengan keinginan Papa


Ketika kamu menjadi gadis dewasa....Dan kamu harus pergi kuliah dikota lain...

Papa harus melepasmu di bandara.

Tahukah kamu bahwa badan Papa terasa kaku untuk memelukmu?

Papa hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini - itu,
dan menyuruhmu untuk berhati-hati. ..

Padahal Papa ingin sekali menangis seperti Mama dan
memelukmu erat-erat.

Yang Papa lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut
matanya, dan menepuk pundakmu berkata
"Jaga dirimu baik-baik ya sayang".

Papa melakukan itu semua agar kamu KUAT...kuat untuk pergi
dan menjadi dewasa.


Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester
dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Papa.

Papa pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa
sama dengan teman-temannya yang lain.


Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta boneka baru,
dan Papa tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan...

Kata-kata yang keluar dari mulut Papa adalah :
"Tidak.... Tidak bisa!"

Padahal dalam batin Papa,
Ia sangat ingin mengatakan
"Iya sayang, nanti Papa belikan untukmu".

Tahukah kamu bahwa pada saat itu Papa merasa gagal membuat
anaknya tersenyum?


Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana.

Papa adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu.

Papa akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat
"putri kecilnya yang tidak manja berhasil tumbuh dewasa,
dan telah menjadi seseorang"


Sampai saat seorang teman Lelakimu datang ke rumah dan
meminta izin pada Papa untuk mengambilmu darinya.

Papa akan sangat berhati-hati memberikan izin..

Karena Papa tahu.....

Bahwa lelaki itulah yang akan menggantikan posisinya nanti.


Dan akhirnya....

Saat Papa melihatmu duduk di Panggung Pelaminan bersama
seseorang Lelaki yang di anggapnya pantas menggantikannya,
Papa pun tersenyum bahagia....

Apakah kamu mengetahui,
di hari yang bahagia itu Papa pergi kebelakang panggung sebentar,
dan menangis?

Papa menangis karena papa sangat berbahagia,
kemudian Papa berdoa....

Dalam lirih doanya kepada Tuhan,
Papa berkata:
"Ya Allah tugasku telah selesai dengan baik....

Putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita yang cantik....

Bahagiakanlah ia bersama suaminya..."


Setelah itu Papa hanya bisa menunggu kedatanganmu
bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk...
Dengan rambut yang telah dan semakin memutih....

Dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya....
Papa telah menyelesaikan tugasnya....



Papa, Ayah, Papi, Bapak atau Abah kita...


Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat...


Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis...


Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .


Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa
"KAMU BISA" dalam segala hal...


legion

minggu lalu smpt nonton film ini di pasaraya
aga2 aneh sich ide filmnya, ms Tuhan bisa berubah pikiran
trus malaikat sm malaikat berantem, pokoknya mdl2 gt lah...
tp sbnrnya bnyk jg kok pesan2 moralnya
tentang pantang menyerahnya walaupun kita tau harapan itu mungkin ga ada
kl aku sk bgt pesannya yg bilang gini : "kl km tidak yakin bhw bsk bangun tidur masih dlm keadaan hidup, maka berbuat baiklah hari ini"

bgs bgt kn...
krn kita emng ga pernah tau smp kpn kita bkl bs terus hidup ky skrg =D

es krim goreng

well...ini hasil karya ku
coba2 bikin es krim goreng, rasanya???ga kalah kok sama yg dijual di resto2, hehe *muji diri sendiri*
aku bikin dgn 2 versi, sbnrnya sich cm beda isi es krimnya aj, ada rasa buah2an & coklat,
sengaja di bikin beda modelnya, biar tau kl mau msk rasa2 es krim dlmnya
kl yg rasa buah dibikin ky segitiga, kl yg rasa coklat-vanilla-strawberry bikinnya ky risol,
atasnya di kasih hiasan susu kental manis lg

ini yg dalamnya es krim rasa buah2an



ini yg dalamnya rasa coklat-vanilla-strawberry

enak loch buat cemilan =D

11.2.10

leko


ini makanan emng top bgt dech!!!
puas bgt rasanya mkn dsn...
jd kn aku sm mas ke daerah pik, ada janji sm org, trus pas smp sana krn aku udah laper, kita cari mkn dl dech, kita cari mkn di daerah water bom, depan2nya kn bnyk ruko2 yg jualan mknan gt, setelah keliling2, kita lht resto ini yg rame & kyny sich enak, jd lah pilihan mkn kita dsn..

aku pesen iga penyet sm es jeruk manis
mas pesen sup iga + sum2 & es jeruk nipis
ga perlu tunggu lama...datang lah pesenan kita
yg pertama di coba pasti sambel iganya dl, ga terlalu pedes, cck sm aku, dsn emng pilihan sambelnya bnyk dari yg manis smp pedes & aku emng pilih yg sedang aja, trus langsung coba kuah sup dl, enk...aku sk bgt..
iganya empuk baik pny aku maupun pny mas, tlngnya lunak bisa kita mkn, mlh yg di sup lngsg lepas sndr gt daging & tulangnya, sum2nya enak, udah lepas gt, jd ga repot mknnya
pokoknya ga ada kt lain selain enak bgt dech...
kl soal harga standar resto lah ya, untuk iga penyet 25rb, trus sup iga + sum2 harganya 33rb, minuman msh di bawah 10rb

skrg kn emng lg musim resto2 iga penyet gini, aku sm mas langsung berencana mau bandingin rasa2 dari resto itu, hihihi

mm...kyny baby A bakal ketularan hobby mkn aybun dech...
selama hamil menjelajah mknan melulu nich *bela diri, pdhl blm hml jg mkn melulu ;p*

kemang food festival

pulang dari pik, kita ke blok m dl...trus mkn mlm di kemang
pengennya sich mkn dimsum festival, tp krn bumil ini laper & merasa ga nampol akhirnya pilihan mknannya jth ke mie seafood hotplate & minum ice apple tea...
mm...kl porsi bumil sich dikit y, hehe, tetep laper lg =p
kl minumannya aku sk, rsnya lbh ke apple juice, sesuai sm yg d pgn & bayangin

ini pesenan ku...

trus kl ayah psn mknan arab2 gt dech, krg tau jg sich sebenernya mknan mn,
nama mknannya chelq kebab & minum persian milk tea
mknannya dari daging domba gt dech, ayah suka, bumil ga, terlalu berbumbu
trus minumannya jg ada rasa2 pedesnya gt
ayah sbrnya sering mkn ini di daerah depok, dl ada langgananya tp dah pulang kampung yg jualan, mknya pas ngliat ada menu ini, ayah lngsg semngat psn, tp kl kata ayah sich tetep lbh enk yg dl sk ayah mkn, berhubung bumil ga pernah jd ga tau dech gmn perbandingannya


ini makanan ayah

kl tempat enak lah suasananya, kita mkn d tempat pesenan ayah coz ada lesehan dgn bantal yg gede2 jd bumil yg cpk dah jln seharian seneng dech bs selonjoran & duduk di ganjel bantal pinggangnya =D

mang engking

yess....akhirnya setelah lama pgn ke mang engking & ga jd2
pas hr ultah ayah, kita bedua mkn mlm dsn dech
tdny kita mau ke sky diningnya pelangi / k bsd, mas lg pgn bgt mkn blenger burger, sbnrnya sich d bintaro jg ada, tp ga tau knp pgnnya smbl jln2 yg jauh
tp trnyt pas br dkt mang engking, kita jd ingt, pgn ksn dari dl blm jd2
y udah kita mampir dl, rencanya mau mkn mlm + shalat maghrib, ntar br perjalannya d sambung lg
pas sampe mang engking, lagi rame bgt, dah gt pilihan mknan pun jdnya dikit
kita pesen: udang bakar madu *ini favoritenya*, ikan gurame saus padang, karedok, minumnya juice alpukat untukku & es kelapa jeruk untuk mas, nasi putihnya psn 1 aj untk b2 *secara mkn mas lbh dikit dari aku ;p*
porsinya...jgn di tny, bnyk...
kita mkn pake istirahat dl, tp tetep abis pastinya, haha
baby A jg kyny suka nich, kyny menikmati mknnya dgn heboh goyang2 melulu =D
suasananya enak, mknannya enak, harganya yaa lumayan lah...
abis mkn, yg ada kita kekenyangan & langsung pulang, ga jd dech jln2nya
malah kita rencana mau balik lagi, mau mkn kepitingnya, abis kmrn cm b2, kl mesennya kebanyakan ga bakal habis, jd kpn2 mesti balik dech, hehe =D

pusat nasi bakar

yaa...lg2 posting yg tertunda...
jd akhir bln lalu aku ke summarecon mall serpong, trus mkn siang di pusat nasi bkr
eunak...dech, pilihan nasi bakarnya jg bnyk
aku pesen yg nasi bakar rendang
pedesnya pas...trus d luarnya d ksh kerupuk + sambel lg
porsinya bnyk, awalnya ku pikir bakal ga habis, tp trnyt...aku mkn dgn lahapnya =D

6.2.10

happy bday ayah...

hr ini ayah ultah......
dari smlm baby A ga bs diem, mngkn mau jd yg pertama ngucapin ke ayah y =D
bunda & baby A selalu doain ayah, semoga....
sehat selalu,
jadi ayah yg baik,
jd suami yg baik,
semakin sukses,
murah rzqnya,
semakin sayang & disayang sm kel,
semakin sayang & disayang sm Allah,
bertambah semua hal2 positif dlm diri ayah,
bertambah berkah kehidupannya,
tercapai semua cita2nya,
selalu bahagia,
mm...pokoknya semua yg bagus2 buat ayah dech, amiin

mmuach...mmuach ( dari bunda 1, dari baby A 1 yaaa)
we luv u soooo.....

4.2.10

pengennya...

gara2 lht blog ttg mknan
jd pengen bgt bikin posting resep2 makanan yg ku coba
tp sk lupa fotoinnya, dah keburu hbs d mkn, ntar ga jls lg penampakan mknannya ky apa, hihihi
mm..bgsnya bikin blog terpisah / gabung dsn aja ya??
cm bkl mls ga ya??
ga tau dech =D

1.2.10

RSU / RSIA / RSB ??

terinspirasi dari baca blognya dhita tentang beda RSIA & RSB, aku sengaja bikin posting ini, kebetulan info ini aku dpt dari majalah ayah bunda, mdh2an bs mbantu tmn2 untuk menimbang & memilih tempat untk bersalin yg sesuai dengan kondisi & kebutuhan ibu & baby.

Rumah Sakit Umum (RSU)
bunda dapat:
  1. memperoleh layanan dr & tenaga medis dari hampir semua keahlian. fasilitas & peralatan untuk berbagai masalah kesehatan tersedia, sehingga ibu dgn kehamilan berisiko tinggi dpt ditangani scr komprehensif, komplikasi pasca bersalin pada ibu & bayi dpt segera ditangani.
  2. memilih yg ada di setiap wilayah Indonesia
  3. memilih RSU dgn kualitas layanan yg bersaing dan beragam
yg hrs diperhatikan:
  1. RSU menyediakan fasilitas rooming in & IMD
  2. kelengkapan fasilitas & dokter serta tenaga medis, sebaiknya pilih yg dapat memenuhi kebutuhan sesuai dgn kondisi kehamilan & bayi
  3. akan bertemu dgn paseien penyakit / mslh kesehatan lain yg berbeda. lupakan jika bercita2 melahirkan dgn suasana ekslusif yg hanya dikelilingi bumil

Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA)
bunda dapat:
  1. layanan komprehensif kehamilan & persalinan, dan semua mslh kesehatan reproduksi wanita & kesehatan bayi+anak. RSIA berfokus memberikan layanan terpadu untuk mengatasi infertilitas, pemeriksaan kehamilan, persalinan & komplikasinya, demikian jg keadaan darurat pada bayi & anak, plus adanya klinik laktasi
  2. perasaan senasib dpt diperoleh jika melahirkan. ibu dgn kehamilan beresiko tinggi tetap dpt merasa tenang, krn laboratorium pemeriksaan & peralatan diagnostik lengkap ada dsn.
  3. dokter spesialis kebidanan & kandungan serta dr anak selalu ada dgn jumlah yg memadai
  4. layanan dr sepsialis dgn sub-spesialis tertentu.
  5. fasilitas rooming in, program IMd, dan kursus serta layanan konsultasi laktasi
yg hrs diperhatikan:
  1. blm tentu ada di setiap wilayah

Rumah Bersalin (RSB)
bunda dapat:
  1. layanan dari bidan & penolong bersalin yg pd umumnya perempuan
  2. memperoleh suasana persalinan & perawat seperti di rmh sndr, tdk sprti d RS
  3. perasaan senasib dgn pasien lain sesama bumil
  4. memilih RSB yg dibangun & dibina oleh dr.spog sehingga kondisi kehamilan tetap dipantau oleh dr & tetap merasa aman melahirkan di RB
yg hrs diperhatikan:
  1. apabila kehamilan tdk beresiko & ingin dibantu bidan, mk melahirkan di RSB dpt menjadi pilihan, sebaliknya apabila kehamilan beresiko, bidan harus merujuk ke RSIA / RSU agar dpt ditangani segera oleh dr spesialis yg tepat.
  2. RSB kecil tdk memiliki fasilitas tindakan operasi& tdk semua RSB memiliki fasilitas lengkap bila bayi mengalami masalah, pastikan ibu dirujuk k RSU / RSIA terdekat yg memiliki dr spesialis & fasilitas ckp lengkap

CHECKLIST tempat bersalin yg ramah bunda & bayi
  • bagaimana dr/ bidan & perawat berkomunikasi dgn pasien
  • apakah tersedia peralatan lengkap untk mengatasi masalah darurat
  • apakah tempat bersalin mendukung program ASI ekslusif? tersedia fasilitas rooming in? program IMD? staf yg mengajarkan menyusui pertama kali?