28.5.10

berjuang untuk ASI

Waa….sekarang Zi semakin jago mimiknya

Kl awal dgn gaya malu2 & ga bs nyedot, smp sukses bikin Zi jd kuning & di sinar selama 2 hari di umurnya yg 5 hari, asi ku jg yang awalnya dikit bgt jd Zi smpt kenal sufor bbrp hari, Alhamdulillah skrg dah bisa full asi bhkn Zi skli nyusu bisa smp 3 jam!!!! ( nyusu slm 30 menit trus istrht 15 menit, trus nyusu lg, begitu terus slm 3 jam) hal ini sukses bikin putingku luka2 & smpt ngerasa nyusuin tuch horror bgt, smp ngerasa ketakutan kl dah wktunya nyusuin / dgr tangisannya Zi, lbh parah rasanya daripada lahiran, kl lahiran kn sktny beberapa jam, giliran lahir ngerasa lega, tp nyusuin itu setiap bbrp jam & berlangsung smp berbulan2 k dpn…aku ga nyangka bhw prosesnya sangat berat & melelahkan, buatku sangat penuh perjuangan.

Aku selalu coba buat mikir positif, kl ini yg terbaik buat Zi, kl ini yg selama ini aku inginkan (krn pas asi dikit & Zi dksh sufor,mnm pk dot smp ga kenal puting, aku adalah org yg sgt bersedih & merasa bersalah, nangis2 ngelihat Zi nyusu pk dot dgn lahapnya), kl ini ga semua org bisa jlnin, kl brp bnyk ibu2 d luar sana yg menunggu & berharap bisa ngalamin ini, betapa beruntungnya aku dikasih kesempatan ini sm Allah, dipercaya Allah kl aku bisa & kuat jlnin semua ini.

Walau dah cb pikir positif tp tetap aja ada rs capeeeeeeeek yg amat sangat & puncaknya 3 hari lalu (26 mei mlm) aku smp marah2 & nangis, rasanya ga karuan, ga bisa aku ungkapin, bhkn pgn nyerah dibantu sufor aja, rasanya aku ga sanggup lagi, tp setiap nglihat Zi nangis aku ga tega buat bikin sufor, pasti ttp aku suruh mimik yg bnyk, pdhl aku ngrs sakiiittt bgt.

Aku smp kirim email ke milis asi for baby, sms ke ndi & bunda icha, minta petunjuk ttg nanganin mslh puting yg dah luka, apalg puting yg PD kiri smp ada bagian yg hilang, bolong gt, aku smp tkt itu bahaya, rasanya minta ampun sktny kl nyusuin, bnyk bgt masukan yg aku dpt, mulai dari pk nipple cream berbagai merk, kl abis nyusuin asinya jgn di lap & jgn lngsg pk baju / bra jd dkering2in dl, smp posisi nyusuin yg bnr, posisi pelekatan yg bener, ada yg bilang PD yg kiri di pompa aja dl sambil d obatin, tp ada jg yg bilang gpp kl diterusin, itu cm krn awal nanti jg sembuh sndr, mereka beri aku semangat bhw bnyk yg ngalamin hal yg sama dgnku & mereka bs ngelewatinnya, jd aku jg pasti bs & tetap hrs semangat, sng rasanya bs baca pengalaman bunda2 lain yg ngalamin hal yg sm,bhw aku ga sendirian. Oya, sangat dibutuhin jg support dari org2 terdekat spy proses nyusuin ini bs berjalan lancar, terutama dari para suami & jg dari anggota keluarga lainnya, kl ada masa ibu merasa berat ngelewatin ini, hrs di beri dukungan dgn baik spy bisa sukses ngelewatin masa2 berat ini.

Yg ku baca pun, emng skrg lg masanya Zi dalam pertumbuhannya, jd ada suatu wkt (3w, 3m, 6m, 9m) yg pasti bkl berkembang pesat bgt pertumbuhannya & itu bikin baby nyusu lbh bnyk. Mdh2an emng ini yg lg Zi & aku alamin,krn skrg umur Zi 3minggu, kita mesti sm2 bljr spy bisa jd team yg solid buat ngelewatin semua ini, kita pasti bisa, kita hrs semangat!! dan yg pasti emng mnjd seorang ibu dibutuhkan keikhlasan yg amat sangat besar dlm sgl hal untuk kebaikan babynya. Sekarang aku baru bnr2 ngerasa & ngerti beratnya perjuangan ibu & knp d bilang bhw surga ada d bwh telapak kaki ibu.

Semangat ya untuk semua ibu2 yg lg sm2 berjuang ngasih asi k babynya, kita harus nikmatin semua proses ini, mngkn suatu saat nanti kita akan merindukan saat bayi mungil kita menyusui sambil lht mata kita, moment yg ga akan terulang lagi ( aku hrs terus menyemangati dr sndr!!!!, mdh2an cm 2 hari kmrn aja, aku ngerasa stressnya =D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar