10.2.16

Diet GM

Oooyeess... akhir januari kemarin, untuk pertama kalinya aku coba diet :D
Kenapa diet? karena berat badanku yang semenjak pulang umrah (april 2015) sampai dengan desember 2015 terus menanjak naik. Naiknya ga kira2, masa dalam waktu belum setahun, udah naik 9kg, hiks.. hiks :(.  Aku pun udah berasa ga nyaman dengan berat badan sekarang, belum lagi kalau ketemu orang2 komentarnya selalu kok gemukan?, naik berapa kg? atau bahakan lu lagi hamil ya? huaaaa....

Awalnya sih kepikiran mau ikut aerobic aja karena aku tuh tipe orang yang lebih senang olahraga kalau rame dan pernah ikut aerobic ngerasa cocok, tapi pas ga sengaja baca tentang #dietGM ini bikin aku jadi pengen nyoba.

Pertama tahu diet ini dari postingan DR. Berlian Siagian di FB. Pas baca, aku mikirnya kok kayaknya enak ya diet ini, ga terlalu repot dengan ga boleh ini-itu.Sempat ada ragu awalnya karena ada hari yang cuma boleh makan sayur aja (karena aku termasuk milih2 kalau makan sayur *please, jangan ditiru ya) cuma pas baca boleh makan sop, gado2, sayur asem, aku ngerasa ok lah mesti diniatin nyobain ini, langsung deh lusanya aku praktek.

Disini aku tulisan sekilas tentang diet GM ini ya, kalau mau info lengkap bisa langsung kesini.

- hari pertama
hanya boleh makan buah-buahan, kecuali pisang. dianjurkan banyak makan semangka dan melon.

- hari kedua
hanya boleh makan sayur. bisa dimasak, mentah, gado2 dengan bumbu yang secukupnya, pokoknya apa yang kita suka lah :D

-hari ketiga
hanya boleh makan buah dan sayur. tetap tidak boleh makan pisang.

- hari keempat
hanya boleh mengkonsumsi pisang (sampai 8 buah) dan susu (3 gelas). bila tidak suka pisang, bisa diganti jambu klutuk, melon/ kiwi.

- hari kelima
hanya boleh makan daging/ fillet ikan DAN tomat (6 buah).  apabila tidak suka tomat, bisa diganti dengan belimbing. daging bisa diganti juga dengan ayam tanpa kulit/ tempe. daging pun boleh sesuai kesukaan kita, misalnya burger/ bakso. apabila kuat boleh mengkonsumsi daging sampai 500gr/ hari. perbanyak konsumsi air mineral untuk membantu membersihkan sistem pencernaan.

- hari keenam
hanya boleh memakan daging/ fillet ikan DAN sayuran.

- hari ketujuh
beras merah, jus buah dan sayuran. pada hari ini sudah bisa kembali ke pola makan semula.

daaannn... apakah aku berhasil saudara2?? ternyata tidak, hiksss :(. sedih sih sebenarnya karena aku gagal udah dihari keenam (karena di kantor ada yang ulang tahun & beliin nasi padang, aku ga bisa nolaknya, huaaa) rasanya nyeseelll banget, karena sudah berjuang susah (buatku paling susah di hari kedua), sampai ada disalah satu hari aku ngerasa keliyengan, tapi berhasil ngelewatinnya, malah udah bentar lagi aku gagal.

selama 5 hari ngejalanin diet ini, aku cuma turun sekilo. dibandingkan orang lain yang bisa turun sampai 5kg, ternyata aku ga terlalu berhasil sih. Cuma menurutku, dengan ngejalanin diet ini, aku jadi bisa kejaga pola makan. Cepat banget ngerasa kenyang, kalau dulu aku mesti makan 3x sehari, sekarang bisa cuma 2x sehari aja. Porsi makan nasinya pun berkurang dari biasanya, misalnya aku makan selalu habis di salah satu resto, sekarang ga lagi.

Semoga bisa terus berkelanjutan menjaga pola makan ini, jadi aku bisa turun bertahap beratnya dan mesti bisa segera olahraga nih karena pasti akan sangat membantu. Selain supaya kurusan juga, tapi supaya lebih sehat, buat masa depan. semangaattt :)

45 komentar:

  1. Aku lg diet ni, tp lum bisa lepas dari gula garam huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau diet GM gapapa pakai gula garam mak, asal ga berlebihan :D

      Hapus
  2. wuaaahhhh dietnya sepertinya enak yaa :D trutama yg hari ke5 :D tp aku biasanya jg ga mempan mba ikutan diet2... pasti ngaco deh ujung2nya... menyimpang dr yg di syaratkan ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. naahh.. aku juga ngerasanya gitu, kok kayaknya ga menyusahkan ya, tapi ternyata ga seenak yang dibayangkan :p. hari ke-5 emang yg ditunggu2 :D

      Hapus
  3. Siksaaan diet hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tangguh, mba. Aku juga belum pernah berhasil diet. Hikss

    BalasHapus
  4. Saya juga mak, belum berhasil sama sekali nyoba diet dari segala macem. Akhirnya sekarang ganti nasi dengan oat aja, lauk pauk sih tetep. Tapi yaa gitu, turunnya kadang sekilo, kadang ga turun sama sekali :( Semangat yaa mak jalanin dietnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah belum bisa untuk suka oat :D

      Hapus
    2. Saya juga kurang suka oats... entah hahah asanya lembek2 gak enak gitu wkwkw

      Hapus
  5. waaaah aku baru denger diet ini nih Mak. Itu serius seharian cuma makan buah..? Duh berat ya.. huhuhuhuhuuhuhuhuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyeess... cobain deh mak, tapi emang cocok2an karena ada yang ga kuat, sampai mual, disesuaiin sama kondisi tubuhnya mak

      Hapus
  6. aku jg lg diet gm..hr ini hr ke 5..awalnya seneng dah bs makan daging (filet ayam) + tomat...pas sarapan td nyobain ayam enak2 ajha masuk..pas tomatnya *glek*..agak gimana gitu rasanya,jd pengen m*ntah (ga biasa makan mentah soalnya)...ga tw apa mo nerusin makan tomatnya atau enggak..mana belimbing(pengganti tomat) jg ga ada dtempatku..hiiikkzzz��...mau nyerah tp udh hr ke 5,tgl 2hr lagi(gantuung...)..body udh berasa ringan sih perut jg lumayan, ga buncit2 amat kayak sebelum diet..doa'in ya biar bs smpe selesai����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tu mbak, jadi enaknya di apain tomatnya???

      Hapus
    2. Betul tu mbak, jadi enaknya di apain tomatnya???

      Hapus
    3. Dibikin bumbu aja tomatnyaa. Sop ayam tomat gitu,

      Hapus
    4. Dibikin bumbu aja tomatnyaa. Sop ayam tomat gitu,

      Hapus
    5. Ini aku lagi nyoba diet gm udah hari ke 5, tapi pas liat timbangan kok ga turun sama sekali ya😭😭😭

      Hapus
    6. Saya juga udh hri ke 5 nih tp perut ud lmyn kecil ...gk kyk kmrn lg. Bab jg lncr tiap pgi...tpi menu hri ke 5 daging/ ayam dan tomat. Saya gk suka tomat. Pusing nih belimbing jg susah nyari...kykna mkn daging aja nih hari nih

      Hapus
  7. Aku udah coba satu minggu cuma turun 2 kg , krn waktu masak sayur aku tumis pakai minyak he he ...
    ini mau diet GM lg bulan ke 2 , mudah2an yg ke 2 bisa turun lebih banyak , Amiiin YRA

    BalasHapus
  8. Boleh dicoba ini mbak... wahh kayaknya ampuh untuk libas lemak ini

    BalasHapus
  9. Mungkin bisa dicoba pake Nutrishake nett untuk bantu program dietnya...

    Untuk weight loss road ( Menurunkan Berat Badan ), Nutrishake bisa dipake untuk pengganti sarapan ( optional ) dan 30 menit sebelum makan siang dan makan malam. Kalo sakit maag, minum Nutrishake nya setelah makan.

    Smoga infonya bermanfaat yah Nett dan smoga berhasil program dietnya yah. Semangattttt say...;-)

    BalasHapus
  10. Bisa ini dilakukan.... selama ini mau diet gagal terus...

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Hallo semuanya, saya mau berbagi pengalaman diet pola GM. Suamiku baru mencoba diet ini selama 3 hari..dan puji Tuhan baru 2 hari sudah turun 3 kilo. Menu hari pertama semangka + melon,hari kedua pagi siang capcay,sore malam bening bayam + jagung. Untuk sayur yang ditumis saya menggunakan minyak goreng yg berbahan jagung.minyak jagung Tropicana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak lady jane ada yang mau aku tanyakan nih :
      untuk sayur nya, mbak ada tambahkan garam? atau saori gitu?
      thanks infonya

      Hapus
  14. Hallo semuanya, saya mau berbagi pengalaman diet pola GM. Suamiku baru mencoba diet ini selama 3 hari..dan puji Tuhan baru 2 hari sudah turun 3 kilo. Menu hari pertama semangka + melon,hari kedua pagi siang capcay,sore malam bening bayam + jagung. Untuk sayur yang ditumis saya menggunakan minyak goreng yg berbahan jagung.minyak jagung Tropicana.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum all, aku udah 4 bulan jalani diet GM ini dr bulan Maret kemaren sampai Juni udah turun 14 kg. tapi waktu diet idul Fitri kemaren gak diet lagi dan naik lagi 4 kg tapi hari ini mulai lagi diet di hari kedua. semoga sukses diet minggu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dietnya sebulan sekali atau tiap minggu berturut-turut mba?

      Hapus
    2. Asslmlkm mba ida..melihat dr penjelasan mba udah sering jalani diet gm ini ya..btw yg terakhir ini jd turun berapa ya mba sebelum menjalani diet ini?makasih banyak sebelumnya ya mba ditunggu share nya��

      Hapus
  16. aku udah coba 2 x, kali pertama gagal di hari ke3 karena ditraktir kepiting. huhu kali kedua ini hari ketiha juga. acara kantor makan pizza ih aku nggak ku ku kuaaatt. tp kucoba lanjut aja. mbuh lah mau turun berapa. hehe

    BalasHapus
  17. aku udah coba 2 x, kali pertama gagal di hari ke3 karena ditraktir kepiting. huhu kali kedua ini hari ketiha juga. acara kantor makan pizza ih aku nggak ku ku kuaaatt. tp kucoba lanjut aja. mbuh lah mau turun berapa. hehe

    BalasHapus
  18. Aku lagi diet gm juga nih mak. Udah jalan hari 4

    BalasHapus
  19. Aku juga lagi diet gm udah hari ke 5, tapi pas nyoba ditimbang kok ga ada perubahan ya? Ga turun sama sekali😭😭😭

    BalasHapus
  20. Aku juga lagi proses nih mbak hari ke7 sekarang tapi kok ngga berkurang sama sekali y bb ku����

    BalasHapus
  21. Masak sayur atau dagingnya boleh pakai garam engk??
    Yp kalau ditumis khan pasti pakai minyak sama garam.yang sudah berhasil mohon dibantu jawab ya.!!!!
    Kali ini benar-benar pengen berhasil dietnya.kemarin coba diet OCD 1bln berat badan malah naikπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  22. Masak sayur atau dagingnya boleh pakai garam engk??
    Yp kalau ditumis khan pasti pakai minyak sama garam.yang sudah berhasil mohon dibantu jawab ya.!!!!
    Kali ini benar-benar pengen berhasil dietnya.kemarin coba diet OCD 1bln berat badan malah naikπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  23. Hari ke 5 Tomatnya bisa dibuat jus tanpa gula ga? Ya tutup idung aja minumnya asal bisa ketelen daripada makan tomat utuh..πŸ˜–πŸ˜– belimbing juga ga ada di daerahku

    BalasHapus
  24. Hari ke 5 Tomatnya bisa dibuat jus tanpa gula ga? Ya tutup idung aja minumnya asal bisa ketelen daripada makan tomat utuh..πŸ˜–πŸ˜– belimbing juga ga ada di daerahku

    BalasHapus
  25. aq lg diet gm, ini hari ke 6, alhamdulillah udah turun 2 kg, utk hari ke 5 buah tomatnya aq jus tanpa gula tp aq ganti pke madu 1 sendok. setiap ada tomat di menunya slalu aq jus hehehe

    BalasHapus
  26. aq lg diet gm, ini hari ke 6, alhamdulillah udah turun 2 kg, utk hari ke 5 buah tomatnya aq jus tanpa gula tp aq ganti pke madu 1 sendok. setiap ada tomat di menunya slalu aq jus hehehe

    BalasHapus
  27. mungkin karena saking enaknya ini pengaturan makan, kita jadi terlena penggunaan gula, garam, minyak.

    BalasHapus
  28. Aqu..sdh selesai 7 hari diet GM dihari ke 4 Qqu bisa turun 4 kg dan skrg sdh selesai hari ke 7 timbanganku sdh trun 5 kg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. good job, aku masih di hari ke 5 besok tapi kata temen2 udak keliatan kecilan tapi gak mau nimbang, biar surprise nimbangnya di hari ke 8 aja setelah selesai diet nya. wish me luck

      Hapus