9.2.16

bikin play dough sendiri yuk...


Zia- Zera tuh sukaa banget main play doh. Entah udah berapa kali deh beli play doh beserta cetakan2nya tapi sayangnya sering ga awet, bentar aja udah hilang2an deh, hihi. Jadi kadang karena itu, aku suka agak malas kalau beli2 terus *emak pelit :p. Nah pas hari minggu kemarin, anak2 ngerengek lah minta beliin play doh lagi, tiba2 aja aku keingat pernah lihat yang sharing cara bikinnnya, jadi aku ajak mereka buat bikin bareng2 aja, biar makin seru.

Dari dua cara yang aku baca, ada yang bikinnya dimasak & ada yang ga perlu dimasak. Pas baca caranya, ternyata semua bahan2 ada di rumah, jadi ayo lah kita bikin dan aku pastinya pilih cara yang praktis donk :D. Sayangnya pas aku coba bikin, takarannya kok kurang pas ya menurut aku, masih terlalu lembek teksturnya sampai aku tambahin tepungnya sendiri & pas bikin warna yang satu lagi, aku jadi ga ikutin takaran lagi. Berhubung cetakan2 mainannya pun entah sudah simpan dimana, jadilah mereka pinjam cetakan cookies bundanya :D.
Berikut aku tulis bahan & step2nya ya, cuma takarannya disesuaikan aja, pakai feeling :p

Bahan :
tepung terigu,
minyak goreng (1sdt),
pewarna makanan,
garam,
air hangat

Cara membuat :
- campurkan tepung terigu & garam, aduk rata
- masukkan pewarna makanan ke dalam air (disesuaikan takarannya mau warnanya seperti apa), aduk rata
- masukkan air tersebut ke dalam tepung, masukkan minyak goreng,
- uleni hingga dapat tekstur yang kita mau (kalau kelembekan, bisa tambahkan tepung, kalau keras bisa tambahkan air)
- setelah selesai masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di kulkas sebentar

Senang bisa bikin sendiri gini, anak2 juga menikmati proses bikinnya. Mesti sering2 bikin mainan seru kayak gini sama anak2 nih. Mmmm.. selanjutnya kita bikin apa ya?? :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar