8.9.15

#indonesianfood at kempinski hotel jakarta

Sebagai pecinta makanan tradisional pastinya wajib bagiku untuk datang ketika mengetahui hotel kempinski jakarta mengadakan culinary spice journey dengan tema 5 islands in 5 weeks. Acara ini diadakan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke 70 tahun. Sesuai temanya, acara ini diadakan selama 5 minggu dari tanggal 5 agustus 2015 sampai 8 september 2015.

Setiap minggunya, signature restaurant akan menyajikan makanan dari 5 pulau yang didukung oleh chef- chef handal dibidangnya. Untuk Pulau Sumatra (5- 11 agustus) disajikan oleh Chef Marco Lim dan Chef Partogi Samosir. Minggu kedua, makanan Pulau Jawa (12 - 18 agustus 2015) disiapkan oleh Chef Budiyana Ramelan. Makanan Pulau Bali - Lombok ( 19 - 25 agustus 2015) disajikan oleh Chef Ketut Sumerata. Dilanjutkan Pulau Kalimantan diminggu ketiga (26 agustus- 1 september 2015) oleh Chef Meliana Cristanty, dan diminggu terakhir ada Chef Petty Elliott untuk makanan dari Pulau Sulawesi - Maluku.

Aku bersama mas datang di tanggal 2 september, sekitar jam 1 siang. Sesampainya disana, dari awal datang saja kita sudah disajikan oleh dekorasi yang sangat kental dengan budaya Indonesia, melihat deretan- deretan kue tradisional yang disajikan dan ditata secara modern, benar-benar membuatku senang dan bersemangat untuk mencobanya :D.

dari awal masuk, sudah menunjukkan Indonesia sekali

deretan makanan tradisional yang menarik perhatianku


Menu Sulawesi - Maluku yang disajikan pada saat itu, tidak saja menu tradisonal tetapi juga menu internasional yang menggunakan bahan-bahan lokal khas dari daerah tersebut, hal ini membuatku semakin kagum dengan kreativitas Chef Petty.

senang bisa ketemu Chef Petty


Untuk menu makanan pembuka, ada rujak ala manado, bakwan jagung (yang entah kenapa, menurut saya bakwan jagung kalo dari manado itu beda ya, ada rasa yang khas).

salah satu makanan pembuka


Makanan utamanya, ada bubur manado, nasi kuning ala manado, coto makassar, ayam rica-rica, udang tuturuga, kakap woku blanga, daging pantallo pamarson dan ayam gagape. untuk menu-menu ini, semuanya enak :), kalo mas paling suka ayam gagape, sedangkan menurutku daging pantallo rasanya unik, hitamnya mirip seperti rendang tapi dengan bumbu yang berbeda :).

deretan makanan utama


ki-ka: bubur manado, udang tuturuga, daging pantalo, ayam gagape, ayam rica-rica


Tidak lupa pastinya mencoba daging kacang kenari dan sambal roa. ini makanan yang sudah menarik perhatianku ketika awal berkeliling. daging yang lembut, dipadu dengan khasnya sambal roa, soo yummy :).

ini enak banget..


Dessert is always my favorite part :D. makanan penutup terdiri dari menu-menu yang "kekinian" seperti cinnamon roll, homemade cookies, homemade chocolate, sampai makanan tradisional yang disajikan secara modern sehingga "naik kelas" seperti es palubutung, klappertaart, sago & mango pudding, tofu pinacolada with strawberry coulis.

chocolate cake, sago mango pudding dan tofu pinacolada

es palubutung

cinammon roll


Es palubutungnya disajikan dengan strawberry jadi rasanya beda dengan yang lain. sago & mango nya juga enak, karena ketika kita menyendokkan semua lapisannya, ada rasa yang menyatu dan segar. Tofu pinacolada? aku sukaaa, seru ketika kita mencampur strawberry coulisnya, dimakan dengan cake dilapisan paling bawah, beserta si tofu & ada popping bobanya :). Sebenarnya aku penasaran dengan klappertaart, secara termasuk salah satu makanan kesukaanku, tapi tidak bisa aku coba karena mengandung alkohol (mungkin rhum ya, karena setauku di resep asli asalnya, memang klappertaart memakai rhum), alhamdulillah pelayan yang jaga stand dessert memberitahu hal ini sebelumnya. Senang karena mereka peduli akan hal ini.

Senang sekali saya selama berada disana, bisa merasakan ragam kuliner daerah lain yang jarang atau bahkan beberapa belum pernah saya coba sama sekali. Senang karena ditengah gempuran makanan-makanan budaya lain, hotel kempisnki malah mengenalkan berbagai makanan Indonesia yang sangat beragam. semoga makanan-makanan Indonesia semakin dikenal di negaranya sendiri :)




Signature Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
Jl. M. H Thamrin No.1 Jakarta Pusat
Jakarta 10310, Indonesia
Telp. +62 21 23583898

Twitter @kempinskiJKT
Instagram @kempinskiJKT
Facebook Hotel Indonesia Kempisnki Jakarta

Rate :
Weekday lunch idr 265.000/pax
Weekday brunch idr 360.000/pax
All week dinner idr 285.000/ pax


3 komentar:

  1. Waa enaknyaaa :D. Aku mauuu bubur menadonyaaa

    BalasHapus
  2. aku lebh suka masakan Indonesia banget deh kalua di ajak makan

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus