25.4.12

toilet training

ini merupakan salah satu tugasku yg butuh waktu & mesti dikerjain dari jauh2 hari :D.

pengennya sich urusan ini bisa selesai di umur 2 tahunnya zi. alhamdulillah, kl untuk urusan pup, zi udah bisa ngelakuinnya di toilet sendiri sejak umur 15 bulan. awalnya pas kalo ngelihat mukanya berubah, langsung aku bawa ke kamar mandi, sambil bilang pup ya disini, walaupun dia ngerti-ga ngerti, hehe, tapi kan jadi tau dech, setiap mau pup langsung bilang. kl untuk pipis, aku ga pakein zi diapers / clodi lagi di siang hari udah dari umur.... berapa ya?? lupa, saking lamanya, haha, 4 / 5 bulan lalu kali ya, sampai sekarang masih suka telat nich kl bilang pipisnya, mesti larian2 ke kamar mandi, hehe.

aku & mas udah niat, nanti 2 bulan sebelum umur 2 tahunnya, kita mesti yakin buat ga pakein diapers lagi pas tidur ya, mas mesti mau bantu buat bangun setiap 2/ 3 jam sekali bawa zia ke kamar mandi, tapi apa yg terjadi lewat begitu saja, sampai akhirnya di tgl 10 april kemarin (zi umur 23 bulan 2 hari), karena persediaan diapers yg menipis, pas malam2 tanpa perencanaan apapun, aku nekat bilang ke mas & ke zi, kalau mulai sekarang tidurnya ga pake diapers lagi, kl mau pipis bilang, pipis di kamar mandi sambil tidur aja, abis itu lanjutin tidur lagi, ok? dan zi menjawab....ok, sambil ketawa2 :D

hari pertama itu, dilalui dengan sukses. pas tidur, zi sempat gelisah2, aku tanya mau pipis ya, dia tetap aja gelisah, langsunglah di gendong mas ke kamar mandi, dia pipis sambil tidur& sedikit ngerengek2 :).
hari kedua, zi malah ga bangun sama sekali, kita pun ga bawa ke kamar mandi, karena dia tidur nyenyak banget, ga gelisah, bangun pagi langsung di gendong ke kamar mandi & sukses pipis banyak :D, alhamdulillah kejadian ini berlangsung terus sampai sekarang.

jadi, zia ga pernah ngompol??? hohoho, tentu pernah. itu terjadi baru pas tgl 23 kemarin ini, kan hari minggunya ada acara di rumah mama, pulang malam, sebelum tidur pun pipis, tapi tengah malam, ga sengaja mas yg tau, kok basah ya, ternyata zia udah pipis, basah samapai ke bajunya, cuma dia ga kebangun sama sekali, pas kita bawa ke kamar mandi, bilang zi pipis di celana ganti semua ya, dia sambil merem2 nangis & bilang maaafffff....... huaaa aku sampai kaget, & bilang ke zia, kalo itu gpp, karena dia ga sengaja, aku juga bilang sebelum tidur, zia minum banyak jadi pipis. udah beres urusan ganti2, langsung dech tidur nyenyak lagi. besok paginya, aku bilang, siapa yg ngompol, pipis di celana semalam, dia bilang zia,trus dia sambung dgn cerita, zia rengang..... ooohhh.... jangan2 dia  mimpi lagi renang ya, hahaha :D

gimana kalo siang hari & pergi2? itu yg masih jadi PR ku, karena kalo siang, zia masih lebih banyak telat bilang pipisnya, tapi kemarin pas ada ada acara di rumah mama, sengaja aku pakein diapers krn lagi sibuk, takut ga keingat buat ke kmr mandi buat pipisin zi, tapi yg ada pas acara selesai, dia minta buka diapers , bilang sakit, aku bawa ke kmr mandi buat bukanya ternyata dia ga pipis sama sekali & pas udah di buka langsung dech pipis di toilet :D, apakah itu pertanda bahawa zia udah bisa di bawa jln2 ga pake diaper??? belum pernah di coba sich, semoga saja begitu :)

sedikit tips dari aku buat yg mau ngajarin anaknya toilet training:
  1. dari bayi, kalo anak pipis/ pup, di bilang aja lagi pipis ya / pup ya sambil bersihin, jadi anak tau
  2. jelasin ke anak kalo dia mau menjalani proses toilet training & kenapa anak mesti melakukan hal itu
  3. kerja sama yg baik antar orang tua, mesti saling dukung, apalagi di saat mlm hari, mesti bawa anak k kmr mandi
  4. laksanakan secara bertahap, jadi ga langsung 1 harian tanpa diapers
  5. kl anak masih gagal / pipis ga di tempat yg seharusnya, jgn dimarahin, tapi di jelasin aja baik2 sambil bawa anak ke kamar mandi
  6. mesti sabar & konsisten ya ibu2

itu aja sich kalo dari aku, silahkan kalo ada yg mau nambahin
semoga berhasil :)


8 komentar:

  1. aku baru mulai untuk Alvin mbak, agak telat dibanding pascal dulu. males emaknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, walau telat Alvin pasti bisa cepat belajar :)

      Hapus
  2. Arza udah lulus Toilet Training sejak umr 16 bulan..tapi, begitu aku hamil..langsung ajah..tiba2 ngompol lagi dan pup g mau bilang. Tanya kenapa..?????
    Sekarang udah mendingan sih, pipis udah lancar lagi...tinggal pup-nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, Arza tau aja mau punya adek, jadi sengaja ya cari perhatian :p

      bentar lagi pasti Arza bisa "lulus" (lagi) :D

      Hapus
  3. masalahnya kalo buat ibu bekerja: kadang si mbak yang jagain suka males kalo harus ajarin anak pipis di toilet. Mereka sukanya masangin popok, biar ga repot! hadeuh..

    BalasHapus
  4. hehe, jadi dilema tersendiri ya mbak :)

    BalasHapus
  5. Berguna bgt nih infonya, well note :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, kalo bisa memberi manfaat :)

      Hapus