25.7.12

bed rest at 15w 4d :(

ga pernah terbayangkan hal ini akan terjadi dalam hidupku, huhuhu....

hari senin ( 23 juli 2012) kira2 jam 14an, aku pipis ke kamar mandi, tiba2 aja ngelihat ada flek coklat di celana, kaget banget & berusaha tetap tenang, aku lihat ke toilet sich ga ada apa2. waktu itu aku lagi di rumah mama, langsung aku panggil uci, adikku (emang ada dia di kamar saat itu), trus bilang "ci, ini apa ya? flek bukan?gw takut nich", pas uci lihat dia bilang "kayaknya flek dech", aku berusaha banget untuk nolak hal itu & bilang "bukan keputihan ya?", trus di jawab "kalo keputihan kan kuning, itu coklat, kayak mau mens", aku tetap mikir lain walaupun kesannya jorok banget "itu pup kali/ ga bersih/ apa kek" & dia jawab "ga mungkin krn letaknya di celana bagian depan". aku bilang "gimana nich? takut kenapa2" tapi di ingatin uci "udah, jgn mikir macam2, ntar malah stress". ok.....berarti sekarang saatnya tlp ke RS, cari dokter, krn dokterku emang udah pasti ga praktek siang itu & beliau udah pesan kalo ada apa2, langsung datang dengan dokter siapa aja. ga lupa uci suruh aku batalin puasa dulu, walaupun aku agak2 ga rela, krn itu udah jam 14.30 :D

coba tlp beberapa RS, krn aku tetap bersikukuh cari dokter cwe, tapi ntah kenapa siang itu udah sampai 3 RS yg di hubungin, ga ada dr cwe yg praktek jam segitu. sambil minta uci temenin aku ke dr + bilang ke mbak untuk siap2 pulang, aku pun atur strategi supaya ga bilang dulu sama mama & papa, biar ga bikin panik orang2. aku juga tlp mas, buat ceritain & bilang bakal ke dr diantar uci tapi aku balik ke rumah dulu buat ambil buku & ganti2. mas pun langsung mutusin untuk izin pulang dari kantornya & janjian sama aku di RS.

di jln, rasanya lututku lemas banget, ga nyangka bakal ngalamin ini karena kira2 jam 12an aku ke kamar mandi & ga ada apa2, berarti flek itu baru banget keluarnya. aku juga bilang baru aja bahas sama widya, sepupuku, tentang salah satu anak kantor yg ngalamin flek & akhirnya keguguran, rasanya menyakitkan & ga tau dech gimana paniknya kalo aku ngalamiin itu. aku juga bahas sama uci perlu ga ya, gw ganti celana, haha *i know, ga penting banget, tapi namanya juga udah panik*.

abis ambil buku, aku langsung menuju salah satu RS yg udah di tlp tapi ga di angkat2. tadinya aku masih mau keukeuh dengan dr cwe + kalo ga ada masih ada 1 RS yg tadi di tlp ga di angkat juga yg bisa kita datangin, tapi di sms sama mas, "dr yg ada aja". uci juga bilang "udah dech, jgn nunggu lama2 lagi, buang waktu & bikin aku makin mikir macam2". ternyata benar sampai di RS, cuma ada 1 dr cwo yg lagi praktek jam itu, akhirnya aku memberanikan diri lah buat di periksa dengan dr cwo :D

pas masuk ruang periksa sama uci & zia, awalnya di tanya riwayat kehamilan &kelahiran zia, sama dr siapa & di tanya keluhan saat ini. aku ceritain kejadian2 yg barusan aku alamin. di tanya juga "perutnya sakit, krm ga" trus aku jawab "hari ini ga berasa apapun, tapi kemarin emang nyut2an banget perut bawah kanan" trus di periksa, pas di USG alhamdulillah....baby jan baik2 aja, lagi isap jempol *ini sama banget sama zia pas lagi ngelihatin adiknya*.  zia langsung heboh "itu adik", trus  bilang "udah mau keluar", dr langsung jawab "blm donk kak, jangan keluar sekarang", zia ngelihat dr ukur2 kepala & dsbnya bilang "ada 2", drnya jawab "ga, cuma ada 1 kak". trus di lihat detak jantung152bpm, ukur lingkar kepala 3,05cm, ukur tl.paha 1,70cm, di lihat plasenta ada di kanan & tidak menutupi jln lahir& ketuban juga cukup. alhamdulillah semua baik, baby jan ga kenapa2....di tanya juga "aku puasa ga", aku jawab "tadinya ya, tapi hari ini udah aku batalin", trus di bilang aku jangan puasa dulu.


mungkin krn sadar aku agak ga nyaman dengan dr cwo/ krn tau dr ku sebelumnya cwe, dr.nya pun bilang, "kalo mau tau lebih jelas kenapa ada flek, dengan periksa dalam, gimana?", aku cuma cengar cengir ga jelas :D, akhirnya dr pun suruh suster lihat dulu, kalo dikit ya ga suah di periksa dalam, suster pun cek, & bilang "dikit dok, coklat", akhirnya dr bilang "ya udah, ga usah gapapa". 

pas konsul aku pun di tanya2 "sebelumnya ada keputihan ga, pernah berhubungan & berdarah ga, dsbnya" trus aku tanya biasanya penyebabnya kenapa, dr jawab "ada 5 hal, bisa kontraksi, infeksi, hubungan seksual, kecapekan & stress, kira2 ada ga termasuk salah satunya?" katanya sambil senyum. trus aku dikasih 3 vitamin & 1 obat penguat kandungan, dibilang juga masnya jangan nengokin dulu ya, trus mesti balik lah 2 minggu & mesti bed rest minimal 3 hari. sebelum pulang, ga lupa dr bilang "kuncinya di bed rest total ya, apalagi udah cokat gitu". 

pas keluar ruangan, mas baru aja samapi trus aku ceritain dimana di dalam. zia juga heboh cerita sama ayah "zia abis lihat adik, bunda di periksa, gini2, sambil gerakin tangannya di perut. adik isap jempol kayak zia". abis itu kita langsung pulang. pas di rumah, aku sms mama bilang kalo tadi langsung balik ga bilang2 krn semua di kmr, kirain tidur & aku ke dr, disuruh istirahat total 3 hari., tanpa aku ceritain detailnya.

pas mlm, aku bilang ke mas, mumpung di rumah, besok aku mau mulai bikin kue lebaran ah & langsung di lihatin sinis sama mas sambil bilang "ga bisa ya, santai2 aja di rumah, duduk, nonton, tidur2", aku cuma bisa cengar cengir aja dech :p. besok paginya, widya juga sms bilang "woiii...benaran istirahat lu ya, jgn malah jln2", haha, tau aja dia aku bakal ga betah diam, pas aku bilang kalo mau bikin kue, dia langsung bilang "lo tuch, dieeeemmm aja dech, getol bgt sich", hahaha, kl kata mas, untung bnyk yg cerewetin aku jadi dia ga perlu cerewet, padahal mnrtku mas udah termasuk heboh nyuruh aku tidur melulu :D *luv u dech yah*. eh...ga disangkanya pas jam 10an, yudi, supirnya mama, datang antarin rendang hati & gulai, yeeaayyyy.. mama emnag paling top dech, jadi aku hari itu benar2 ga masak apapun, cuma nonton , main2 sama zia & tidur aja :D

sampai sekarang, alhamdulillah fleknya ga kelur sama sekali lagi, cuma kadang perut bagian bawah kanan nyut2an, malah pernah waktu bersin rasanya suakit banget, tapi Insya Allah dengan istirahat ini semuanya gapapa. selama puasa kemarin, aku ga berasa mual sama sekali, paling mest tidur siang & kalo abis masak di sore hari jadi agak pusing, tapi selama ga puasa ini, si mualnya malah datang lagi.

Insya Allah hari sabtu ini, aku bakal kontrol ke dr yg biasa, walaupun sama dr kemarin disuruh cek 2 minggu lagi, tapi menurut mas baiknya kita ke dr biasa krn dia udah tau gmn2 aku dari awal + kalo emang mesti di cari tau penyebabnya lewat periksa dalam, aku pun lebih nyaman.

mohon doanya dari teman2 semua semoga setelah ini ga ada lagi kejadian kayak gini & semaunya berjalan lancar sampai lahiran nanti.


baby jan, yg kuat ya di dlm ya nak....
maafin bunda kalo ada hal2 yg tanpa bunda sadari bikin kamu jadi ga nyaman...
kita sama2 berjuang ya nak

ayah, bunda & kk zia sayang adikkkkk 
mmuach:*

8 komentar:

  1. Alhamdulillah ga Knapa2 ya Net... Banyak2 istirahat dl ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak, udha takut banget akunya
      makasih banyak mbak :)

      Hapus
  2. semoga sehat terus mbak...
    hati hati, banyak istirahat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih banyak mbak elsa :)

      Hapus
  3. Ikutan bawel ahhh...
    Banyak-banyak istirahat ya Mbak, baby-nya lebih penting daripada kue lebaran (kue bisa dibeli, tapi baby-nya kan gak dijual OLS).

    Semoga baby-nya sehat dan kuat, aamiin yra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ya mbak, abis gemes udah beli bahan2 tapi ga sempat2 ngerjain, jadi ngerasa mumpung di rumah gitu :p

      aamiin, makasih banyak mbak asty...

      mbak asty juga sehat2 terus ya :)

      Hapus
  4. semoga dengan bedrest bisa lebih baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih banyak mabk lidya :)

      Hapus