20.10.11

tauco medan (pakai santan)

yaahh....akhirnya jadi juga aku posting resep2 yg mengantri...
tauco medan tuch makanan kesukaan ayah, jadi aku coba cari2 dech resepnya, trus ada 2 versi resep yg aku temuin, yg pake santan & yg ga pake santan. yg mau aku share sekarang yg pake santan ya...yg pasti resep ini hasil nayri di mbah google, tapi lupa catat dari mananya, jadi yg merasa punya resep ini, aku contek & makasih sudah berbagi :D

bahan2:

  • tahu, goreng setengah matang
  • udang
  • 4sdm tauco
  • 15 cabe hijau, iris
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 4 bawang putih, iris tipis
  • 1 tomat, potong
  • 3 ruas jahe, iris tipis
  • 2 ruas lengkuas, iris tipis
  • 1 sereh, keprek
  • 1 daun salam
  • 2 daun jeruk
  • santan
  • minyak goreng
  • garam
  • air
cara membuat:
  1. tumis bawang merah & bawang putih samapi harum
  2. masukkan cabe hijau sampai layu
  3. masukkan jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk sampai harum
  4. masukkan udang, tahu, tauco
  5. masukkan santan, aduk2
  6. masukkan tomat
  7. masukkan air
  8. masukkan garam & gula
  9. masak hingga matang
gimana??gampang kn?? hehe, untuk tiap2 bahan menurutku itu relatif, supaya yg mau bikin ga harus tumplek sama, kl merasa kurang ya bisa di tambah2 bumbunya. yg pasti sich cabenya banyak krn tauco medan ini tekenal pedessss, hihihi*kebayang kn rasanya*. oya, tahu pun bisa di ganti tempe, trus harusnya sich di masukkin juga wortel & buncis, tapi krn waktu itu di rumah lagi ga ada jadi ya aku pake hn2 yg ada aja. yg paling penting mesti di ingat, tauco medan itu udah asin, jadi cobain dulu sblm kasih garam ya, kadang2 kl tauco udah kebanyakan ga perlu pake garam lagi :)

selamat mencoba...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar