7.11.10

Q & A seputar MPASI

1. Kenapa mesti 6 bln?
krn pd usia 6 bln, pencernaan bayi biasanya lbh kuat sehingga mengurangi resiko alergi.

2. Ciri2 bayi sudah mau mkn?
sudah bisa menopang kepalanya sndr,sdh bisa duduk dengan / tanpa dibantu, sdh ada minat untuk mkn mis. mengambil / menjangkau mknan yg dimakna ortu, tidak puas hny diberi ASI / SUSU, bayi yg sdh tidur tengah mlm kini bagnun lagi krn lapar

3. Aturan MPASI?
lakukan dgn sabar & dlm suasana yg menyenangkan, berikan makanan dgn posisi duduk, jgn memaksa bayi, berikan makanan yg sama selama 3- 4 hari agar kita bisa tau kl terjadi reaksi alergi

3. Makanan apa yg sebaiknya diberikan lebih dulu?
untuk hal ini, ada 2 pendapat, bisa serelia dl, bisa jg buah dl. yg menganut paham buah dulu krn buah lbh mudah di cerna & rasanya cenderung disukai bayi, sedangkan yg menganut paham serelia biasanya berpendapat krn itu mknan pokok kl udah dikasih buah yg berasa manis bayinya bakal susah mkn sayuran, jd semuanya terserah kita, emng tergantung feelling kita sebagai bunda, hehe.

4. Pantangan MPASI?
yg paling pantang untung anak dibawah setahun itu: GULA, GARAM & MADU krn akan memperberat kerja organ dlm tubuh bayi yg masih lembut.

5. Apa aja tahap ketrampilan makan?
tekstur mkn mulai dari makanan lumat yg mudah dicerna, bentuk agak cair lalu secara bertahap dikentalkan, frekuensi diberikian 1-2 kali sehari scr bertahap, sebaiknya tdk diakhir hari agar bila terjadi reaksi alergi bisa ditangani lebih baik, porsi nya masih sedikit dan bertahap akan bertambah kn masih dlm proses belajar mkn, lambungnya pun masih kecil.

6. Kenapa HOMEMADE?
katanya karena... makanan instant itu bikin bayi jd picky eater & sudah terdapat gula didalamnya, tp kalo buatku karena....sakit itu muahal & aku ga akan tega nglht zi sakit (wkt zi kuning di fototerapi aja, mataku dah bengkak krn nangis, pdhl semua org bilang itu biasa aja), emng sich ga bisa dipastiin zi akan sll sehat, tp setidaknya kt sdh berusaha memberikan yg terbaik yg kt bisa.

semoga kita berhasil melalui MPASI dgn baik, amiin =D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar