30.4.10

37w, siap lahir kpn aja

hr rabu kmrn jdwlnya kontrol lg...
sorenya mas dah datang duluan buat daftar, jd pas aku datang mlm, langsung dpt no.1 dech
awalnya cek tensi & timbang, alhamdulillah tensinya normal & BB ku naik cm 1/2 kilo aj dari seminggu yg lalu, nunggu ga berapa lama, kt d panggil masuk dech...

dr: gmn netta?? kok kyny perutnya tmbh kecil y??
n: waa...ga kok, pengaruh baju kali dok, makannya udah bnyk, hehe
dr: yuk...kita lngsg lht aj, tdnya saya mau batalin jdwl hr ini krn ada pasien yg dah bukaan 8, tp y ga udah tetap praktek jg aja dech

pas di usg...
dr: kok tmbh lonjong y perutnya, hehe, tp emng kdg perut tuch menipu, kliatan kecil trnyt berat baby ckp, kita ukur dulu ya...
alhamdulillah, beratnya nambah bnyk nich, dah 2650gram, km mkn apa aja net? berhasil gini
n: haha, saya mkn es krim tiap hari dok =D
dr: skrg kl mau mkn es krim 2 / 3 hari skli aj y net, kl ky gini bs2 perkiraan lahirnya 3,4kg, bgsnya max d 3, 2 aja..
n: aku jg ga mau gede2 dok, ntar susah lg ngelahirinnya
dr: kita cek jg ketubannya ya...alhamdulillah naik 1, udah 10, 8. tetap bnyk minum jus y, dah ada kemajuan
kepalanya dah seperlima msk tl panggul y, jd mulai mlm ini dah bs lahir kpn aja
dr: semaunya alhamdulillah sht ya, jantungnya bgs
ada keluhan ga?? flek, pusing, atau nyeri2?
n: wkt itu, pinggul saya skt bgt dok, yg sblh kiri, rasany ky d tusuk2, smp nangis...
dr: pas hari apa?
n: hr sabtu
dr: oo...itu termasuk dari kontraksi jg
kl ngerasa mules, perutnya keras, klr flek / lendir, trus kl gerak janinnya berkurang / mlh ga ada gerakan sm skli, langsung k RS aja ya..
ga hrs ada semua tanda2 itu, slh satu km alamin aj, langsung aja dtg kesini yaa
n: oo..gt dok, soalnya saya srg ngrs perutny krs, tp ga ada rs skt sm skli
dr: bs aj ky gt, krn daya thn org untuk nahan skt kn beda2, pasien saya ada jg ga ngrs skt sm skli, trnyt pas dtg dah bukaan 8 aja, mdh2an netta termasuk yg ky gt ay
n: amiin
dr: kl gerakan janin berkurang / ga ada, km pegang dsn y (d ajarin dr carany, perut bagian agak bwh, d goyang & di tkn dkt gt)

trus sambil nulis resep vitamin, dr.tofan bilang kl mnrt perkiraannya, baby Z bs lahir lbh cpt dari due date ( 18 mei), jd mulai siap2 aj, tp batas wkt kl smp tgl 23 mei blm lahir jg, terpaksa tiada maaf harus d induksi, kita ga langsung operasi y, kita cb cr untuk normal dl, mdh2an smuanya bjln lancar & normal, amiin
aku jg tny, kl pecah ketuban itu keluarnya deras y dok, ky pipis yg ga bs d thn?
ga jg, kt beliau, bs aja ky pipis yg bnyk / mlh merembes sdkt2 tmp kita sdr, mknya kl ada lendir2 dtg aja ksn, ntar kt cek, kl emng bkn, kn bs plng lg
ada yg mau d tny ga? jgn smp rmh baru inget? ntar nyesel lg
ga kok dok, semuanya udah jls
oy, kl mulai sekarang, berhubungan gpp y
itu namanya induksi alami, supaya merangsang kelenjar....(hahaha, aku lupa istilahnya apa) yg bisa membantu kontraksi
mlh bgs untuk usia kehamilan mulai sekarang2
minggu dpn, kita periksa dlm y...blm prnh kn? gunanya untuk cek tl.panggulnya & kmungkinan lhrnya, kl saya lht sich ga bermasalah sm panggulnya y, tp biar lbh psti kita lht aj, td jg lingkar kepalanya 9,2cm, itu msh bs normal, max d 9,6 cm ya.

trus sblm pulang, skli lg dr.tofan ingetin kita, jgn lupa psn saya ya, kl ada ngerasa 4 hal yg saya sebutin td, langsung aj dtg ksn, nanti kl mau saya yg bantu lahiran bilang aj sm saya, nanti suster yg tlp saya, atau kl mau dr lain siapa pun jg bisa...
smpai ketemu minggu dpn ya

alhamdulillah, semuanya sht
Insya Allah sebentar lg ketemu baby Z

nanti kita sm2 berjuang y nak...
semoga semuanya berjalan lancar, amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar