21.3.14

time management...

aahh.. blog ini udah terlalu lama blm dicoret2 :p, ga berasa eii, pdhl udah niat mau sering2 nulis tapi kok kenyataannya tetap aja suseh, sindrom malasnya itu loh susah disingkirkan :(

sekarang pengen berbagi aja soal kegiatan ngatur jadwal sehari2 ku, soalnya banyak yg bertanya2 gimana caranya aku bikin pesanan disaat aku jg kerja , punya dua anak balita, ditambah lagi aku ga ada ART :D.

pagi hari dimulai dengan shalat shubuh & langsung cuci baju (alhamdulillahnya nyuci pakai mesin, jadi kan sambil bajunya nyuci sendiri, aku bisa ngerjain kerjaan lain2nya). biasanya aku nyuci baju 2 hari sekali soalnya kalo setiap hari, ga penuh juga di mesin cucinya, kn sayang listrik :p. sambil nyuci baju, aku bisa langsung nyapu & ngepel, trus lanjut bikin minum (biasanya teh hangat) + sarapan (ini pun tergantung keadaan, kadang roti, kadang malah sblm pd berangkat aja mkn, lauknya bisa masak dulu, bisa yg masih ada, tinggal panas2in aja). abis itu jemur kain, mandiin anak2 & cuss... berangkat kerja sambil drop anak2 ke rmh mama dulu :).

pulang kerja sore, langsung jemput anak2 dulu. sampai rmh, masak buat mkn malam & kdg nyuci piring (ini kl abis sarapan, buru2 berangkat ga sempat nyuci :p). mkn malam & langsung deh main2 aja sama zia - zera, menu wajibnya itu baca buku dulu sebelum tidur. sekarang2 ayah yg lebih suka nemenin anak2 tdr (setelah zera kenyang mimik), tapi kdg2 zia ga mau tdr kl ga aku peluk jd kl udah pada tidur, baru deh aku bisa sedikit me time kayak ngegroup di WA/ line, cuci mata di instagram, balas2in pesanan/ lihat2 fb, lanjut tidur deh. untuk nyetrika, aku biasanya selang seling sama nyuci, jadi kl pas ga nyuci, malamnya aku nyetrika, kl setrikaan lagi banyak, aku suka sambung sama pagi2 sebelum beres2 rumah, yg pasti kl nyetrika mesti pas anak2 tdr deh, abis kl di bantuin kakak zia malah makin lama selesainya :D.

trus pesanan2 dikerjain kpn? biasanya aku kerjain malam setelah anak2 tdr &  kl lagi ada pesanan, suka bergadang ngerjainnya :D. alhamdulillah pesanannya walau blm banyak tapi udah rutin ada setiap minggunya.

oya, kerjaan2 rutin pagi itu, kadang2 ga aku sendiri yg ngerjain. ayah ikut bantu, biasanya kl aku nyapu- mas yg ngepel. aku nyuci baju- mas yg jemur. pokoknya diatur aja kerjasamanya, kl lagi ga bisa, ya aku kerjain semua sendiri, soalnya aku termasuk ga betah kl lihat berantakan, tapi aku juga belajar untuk ga ngoyo krn kan walau gimanapun aku punya 2 anak balita, jadi kl mereka main2 berantakan ya di maklumin aja, bsk pagi2 baru beresin sekalian beresin rumah, kecuali kalo ada makanan- minuman tumpah, baru deh aku langsung lap. alhamdulillahnya kakak zia sekarang udah bisa bantuin, jadi kl abis main dia beresin, kalo ada yg tumpah pun, zia bakal langsung ke dapur sendiri, ambil lap & beresin sambil bilang maaf bunda/ maaf ayah :).

kalo lagi ngebut ngerjain pesanan juga, aku ga bakal bisa beres2, dijamin rumahnya berantakan, hihi, aku tipe yg ga tenang kl pesanan blm selesai, jadi lah aku tunggu beres2 kl udah selesai semua, kecuali untuk cuci perlengkapannya, sambil nunggu kue masak, langsung deh aku sambi dgn nyuci2. kdg2 kl weekend pun ga beres2 rumah, apalagi kl emng udah niat seharian itu bakal jln2, hihi :p.

gimana disaat aku cuma bertiga anak2 aja dirumah? ya tetap ngerjain semua itu :D. zia- zera sekarang udah bisa ditinggal main berdua, paling aku bilang masak dulu ya/ jemur dulu ya, zia main sama adik di kamar, nanti sebentar lagi bunda selesai. sampai pernah aku ngerjain pesanan yg pas hari itu lagi banyak2nya, ditanya saudara siapa yg ngurus zia zera (krn mas lagi klr kota), aku bilang ngurus diri masing2, haha :p. 

capek? pasti... kdg ada rasa juga rasa malasnya. tapi kl kayak gitu, aku ingat anak2, aku kerjain semua itu demi mereka, aku kn punya 2 anak balita yg suka main2 di lantai, kalo aku ga beres2, ngeri aja debunya, ntar malah mereka sakit, aku yg lebih susah :p
.
kl lagi ngerjain pesanan yg dekor2 & bergadang sendirian, ada juga saat2 bermasalah dengan pengiriman/ dengar kata2 ga enak dari hasil karyaku (tapi yg bilang ini malah bukan dari pemesan ya) pasti ada rasa patah semangat, ga mau nerima pesanan lagi, tapi selain krn kebutuhan, pada dasarnya aku ngerasa tertantang aja kalo ada yg pesan request desain ini - itu, langsung ga bisa nolak & yg ada malah aku langsung ngebayang2in mau bikinin kuenya model gimana. apalagi kl pemesan puas dengan hasil kerjaanku & kebahagiaan akan bertambah kl disaat aku mau tdr, ada WA yg masuk bilang teringat2 rasa kue buatanku & mau pesan lagi, langsung deh senaaaanngg banget rasanya :). kebahagiaan lainku itu disaat, zia juga menikmati & memuji2 hasil masakan bunda, kalo kata zia, bunda pintar ya, bisa bikin makanan kayak gini, enak, aku suka, alhamdulillah... (kadang2 zia jg suka request loh mau kue apa, zia udah hapal jg beberapa nama kue :D)


kebahagian itu hanya perlu hal2 kecil yg sederhana ya, tapi akan membekas di hati :) & sesuatu yg dikerjakan dimulai dari kesukaan kita itu, akan terasa lebih ringan & sangat menyenangkan.


12 komentar:

  1. seneng ya kalau hasilnya mendapat pujian

    BalasHapus
  2. makkk efff wonder woman sekali.... salut *two tumbs up
    aku sebelum berangkat kerja va sempet ngapa2in, hehehe *tutup muka

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, mesti dipaksain bisa kl aku jie :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. biasa aja kok mbak dian, emng krn keadaannya ky gini :D

      Hapus
  4. huuueeee *barisan pujie*
    q juga ga ngapa2in slain brgkt pagi plg petang -____-"

    harus mendisiplinkan diri nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, enak donk hani kl bisa santai2, mauku pun begitu :p

      Hapus
  5. selalu salut sama working mom yang bs tetap punya waktu untuk anak2nya plussss kamu ada bisnis juga. *4 thumbs upp (jempolnya cuma punya empattt :p)*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo fika, senang dikunjungin fika, makasih udah mampir say :)
      hehe, alhamdulillah, mesti di bisa2in ngatur waktunya :D

      Hapus