16.12.13

serunya ke dokter gigi

tanggal 28 nov 2013 kemarin untuk pertama kalinya, zia & zera kontrol ke dokter gigi. sebenarnya aku udah niat lamaaaa banget tapi nyari yg khusus anak2 adanya di tebet, pengennya di depok aja biar dekat, cuma blm jadi2. zia yg dari awal semangat sampai akhirnya diam2 aja karena aku ga ada bahas itu lagi ke dia :). akhirnya karena ngobrol2 sama teman di whatsapp, didaftarin lah sama dia ke yg di tebet itu :D. daftarnya udah dari pertengahan oktober, ga nyangka juga sih kalo bisa kebagian jadwal selama itu, malahan temanku yg daftar buat weekend kebagian di bulan januari 2014 *weew*.

dari awal daftar itu, aku udah kasih tau zia kalo mau ke dokter gigi bulan depan. zia excited banget, sering nanya, kpn2 melulu. kita kebagian jadwal yg jam 6 sore, jadi abis ashar kita berangkat dari rumah oma (emang aku udah bawa semua persiapannya jadi pulang kantor bisa langsung berangkat). sempat tlp kesana buat mastiin alamatnya & ternyata... aku dulu pernah beberapa kali ke ruko sebelah2nya, cuma ga sadar aja :p.

baru sampai itu, suasana dalamnya langsung beda. cozy deh. kita datang agak cepat dari jadwal krn ternyata ga macet. kita isi pendaftaran dulu & zia langsung minta dibacain buku cerita tentang gigi :).
jam 5.30an kita dipanggil masuk. ruang praktek drg.alya di lantai 2. zia langsung mau dibawa sama asistennya ke atas sambil ngobrol2.





awal masuk ruangan, zia langsung malu2. kita duduk dulu ngobrol2 & diajak kenalan sama drg. alya. dibilang udah punya teman namanya alya belum, zia geleng2 kepala, trus dokter alya langsung kasih tangan ngajak kenalan & bilang, ini tante alya, temanny bunda jd sekarang zia punya tmn namanya alya ya. trus diajak untuk cari tau soal tempat duduk periksanya, kl bisa ngeluarin air buat kumur2, ada lampu & kursinya bisa diatur tinggi pendeknya. zia masi diam ngeliatin aja. trus dikasih tau kalo ada tv, zia bisa pilih mau nonton apa. ada rio, burung warna biru, pas bgt krn zia baru dari kebun binatang, zia langsung heboh cerita2 soal burung & beruang yg dilihat disana. abis cerita2 itu baru deh zia periksa gigi. zia maunya di pangku bunda (sayangnya pas periksa ini, ayah lagi pergi krn kita kan masuknya cepat dari jadwal, jadi ga ada yg bisa fotoin deh).



zia diajak hitung giginya ada berapa, ternyata ada 20 gigi buat anak2 seumuran zia :D. trus diajarin cara gosok gigi yg benar krn ternyata selama ini agak kurang benar caranya jadi gigi atas zia ada karies sedikit krn zia tipe rahang yg cameuh (susunan gigi bawah letaknya di depan gigi atas & ini turunan dari ayah) jadi mesti ekstra dlm hal gosok menggosok gigi. alhamdulillah belum perlu penanganan lebih lanjut & semua gigi lainnya bgs.

abis zia periksa, giliran zera deh. zera awal masuk ke ruangan dokter langsung nangis, akhirnya selama zia periksa, aku suruh tunggu di luar dulu sama mbak. pas diperiksa, zera malah diam aja & mau nurutin pas disuruh buka mulut. zera giginya udah ada 4 (4 atas & 2 bawah) & 2 gigi taring atasnya mau tumbuh juga. zera pun udah keliatan tipe yg cameuh nantinya :D. abis diperiksa, zeranya nangis lagi, hihi, akhirnya zera turun duluan deh. abis periksa, zia & zera dpt balon tangan deh dari dokternya.

abis periksa, kita ngobrol2 sama dokternya. zia sempat nanya, kpn aku boleh makan permen soalnya penasaran, permen karet jg penasaran :D (zia belum pernah mkn permen sama sekali) trus dokternya jawab ga usah aja, nanti kalo udah segede bunda ya, ga ada enaknya kok itu permen :D. coklat boleh tapi cuma kalo ada ayah bunda / seminggu sekali & jgn yg ada isi2nya, bagus yg cuma coklat aja.

agak susah ngajak zia keluar dari ruangan dokter krn zia sibuk main2in semua yg ada disana, sampai akhirnya kita bilang kalo mau shalat maghrib dulu, baru deh zia mau pulang :). kita langsung daftar lagi buat kontrol berikutnya di bulan mei 2014. sampai di bawah, zia boleh pilih souvenir & zia pilih bros, zerapun dipilihin zia bros, katanya biar sama, tapi zera yg kecil karena zera kan masih kecil :D

banyak yg bertanya ke aku, ngapain bawa zia zera ke dokter gigi buat kontrol, kan masih kecil? aku ngerasa penting ya jaga kesehatan gigi anak sedini mungkin, disaat sehat, krn aku ingin menanamkan ke dokter gigi itu menyenangkan, jangan ke dokter pas udah ngerasa sakit krn itu yg bikin anak bakal jadi takut.

alhamdulillah aku puas dengan pelayanan the smile centre tebet, krn tempat yg nyaman & terbiasa menangani anak2. yg penting zia jg senang disana, dapat kesan yg baik dari sana. saking sukanya zia disana, sampai pas beberapa hari kemudian kita lagi jalan di suatu mall, ada produk pasta gigi yg bisa periksa gigi gratis, zia ngerengek2 minta periksa, jadilah kita periksa gigi lagi :D.

ayoo..teman2 periksa gigi kayak zia....

8 komentar:

  1. Delisha blom pernah periksa gigi samsek nih, emaknya teledor bgt giginya udah rusak parah skrg.. BTW mahal ga ya mba disitu? Yg bikin ga jadi2 periksa karna mahal juga sih, denger2 sekali dateng bisa diatas 1jt ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaa...gosiip bgt itu kl diatas 1 jt.

      kemarin itu kontrolnya 105 rb trus ada biaya administrasi pendaftaran 30rb. trus kl tambahan obat (ky zia kemarin dikasih balsam gigi gt) ya tambah itu yg mungkin beda tergantung obatnya apa.

      yuks delisha periksa, nanti janjian kita :D

      Hapus
  2. Waaa pengen deh ajak aira ke dr. Gigi. Aira sukanparno duluan kalo liat dokter *karena ibunya juga emang paling parno ke dokter kecuali dokter mata, hehehe* kalo di depok ada kah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, ibunya mesti berani dulu kalo gt :p

      di rs. bunda ada yg buat anak2 tapi mesti janjian dulu mbak :)

      Hapus
  3. kalau dokter giginya baik anak2 jadi berani ya ,kedokter gigi jadi menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mbak :)

      aq udah ngerasain krn slh pilih dokter, zia trauma ke dr.tht, walaupun dr udah ganti tetap aja dia ketakutan, jadi benar2 mesti pilih yg bisa nanganin anak deh...

      Hapus
  4. wah seru ya.. pengen juga ngajak azzam ke dokter gigi.. tapi masih takut heboh.. azzam parnoan kalo ke dokter padahal cuma mau imunisasi.. apalagi ke dokter gigi yang mengharuskan dia buka mulut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di ajak ngobrol aja dulu mbak dari jauh2 hari kalo ke dokter itu menyenangkan. dibacain buku2 cerita tentang periksa ke dokter, dll Insya Allah nanti anaknya jadi ga takut lagi :)

      Hapus